Home / Headline / Strategi TFG dalam pengamanan Suro

Strategi TFG dalam pengamanan Suro

Polres madiun Kota – jelang pengamanan malam satu suro, AKBP Susatyo Purnomo Condro, SH,SIK,MSi. memimpin apel kesiapan pengamanan Operasi Aman Suro 2016, Sabtu (1/10/2016).

Apel yang dilaksanakan di GOR Stadion Wilis ini diikuti oleh 1518 pasukan terdiri dari 1170 personil Polri, 280 personil TNI, 25 personil Pol PP, 25 personil Dishub, 10 personil Dinkes, dan 8 personil BPBD. Pasukan tersebut dipersiapkan untuk melakukan pengamanan malam satu suro yang akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disepakati bersama yaitu mulai sore ini pukul 15.00 WIB sampai dengan minggu besok (2/10/2016) pukul 15.00 WIB.

Untuk memudahkan konsep pengamanan, Kapolres menggelar TFG atau Tactical Floor Game. TFG adalah taktik pengamanan yang dilakukan dengan menggunakan peta yang di bentangkan dilantai kemudian diberikan simbol yang merupakan situasi riil dilapangan. Selain itu ditempatkan pula patung patung kecil yang mewakili pasukan dan replika kendaraan yang mewakili kendaraan dinas. Strategi pengamanan dipaparkan dalam peta kemudian melakukan simulasi-simulasi strategi sesuai situasi yang mungkin terjadi dilapangan .

dsc_0036

Bak melihat sebuah film kolosal, situasi pemaparan taktik pengamanan menggunakan TFG dilakukan dengan memanggil komandan-komandan pasukan untuk mengelilingi sebuah peta, kemudian dijelaskan dimana pasukan harus ditempatkan dan bagaimana mereka bertindak. Sementara pasukan menunggu komandannya kembali untuk kemudian menjelaskan kepada mereka apa yang harus dilakukan sesuai arahan dari Kapolres

Segala upaya yang dilakukan Polres madiun Kota dalam pengamanan kegiatan bulan suro/Muharam ini semata-mata agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan aman lancar dan kondusif.  (jack).

Humas Polres madiun Kota

About HUMAS KOTAMA

INFO TERUPDATE LAINNYA SILAHKAN FOLLOW IG Polres_madiun_kota

Check Also

Jelang Hari Raya Idul Adha, Polres Madiun Lakukan Pengawasan Hewan Ternak

MADIUN – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sampai saat ini belum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com