Home / Headline / Situasi nyekar satu suro PSH Terate Madiun 2016

Situasi nyekar satu suro PSH Terate Madiun 2016

Polres Madiun Kota – Pihak keamanan menyatakan secara umum pelaksanaan nyekar PSH Terate satu suro tahun 2016 ini, berjalan aman lancar dan kondusif. Pelaksanaan nyekar PSH Terate, Sabtu (1/10/2016) mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 22.30 WIB dilaporkan tidak ada kejadian yang menonjol, dan massa mematuhi jadwal yang telah disepakati bersama.

Terdapat tiga makam di wilayah Kota Madiun yang menjadi tujuan peziarah warga perguruan pencak silat PSH Terate saat malam bulan satu suro. yaitu pemakaman Pilangbango, pemakaman ini merupakan tempat dimakamkannya pendiri PSH Terate almarhum Ki Hajar Hardjo Utomo. Makam ini berada di Jalan Pilang Raya Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Yang kedua adalah pemakaman taman, ini merupakan makam almarhum Imam Koespangat tokoh sesepuh yang dianggap membesarkan PSH Terate. Makam Imam Koespangat berada di Jalan Sarehan Kecamatan Taman. Dan yang ketiga adalah pemakaman almarhum KRAT. Tarmadji Budi Harsono,SE. yang merupakan sesepuh dan ketua umum PSH Terate terahir yang belum lama ini meninggal dunia. Makam almarhum Tarmadji Budi Harsono berada di lingkungan Padepokan Agung PSH Terate di Jalan Merak Kota Madiun.

Petugas mencatat sebanyak kurang lebih 5.800 warga yang melaksanakan ziarah. Para peziarah datang sesuai jadwal dari wilayah Kabupaten Ngawi, Bojonegoro, Cepu, Blora, Sragen, Madiun, Nganjuk, Lamongan dan dari Kota Madiun. Mereka rata-rata menggunakan kendaraan roda dua. Tercatat sebanyak 3.131 pengguna roda dua, 11 pengguna roda empat dan 1 menggunakan kedaraan truck. namun, meskipun tidak terjadwal ada beberapa warga dari Surabaya, Tulung agung, Pacitan, Mojokerto dan Kediri yang hadir untuk melaksanakan ziarah.

Untuk keamanan dan kelancaran pelaksanaan ziarah makam Polres Madiun Kota bekerjasama dengan TNI serta unsur terkait telah menyiapkan pengawalan mulai berangkat hingga pulangnya rombongan peziarah. Selain itu, pengamanan operasi aman suro ini Polres Madiun Kota juga di bantu oleh pihak keamanan internal PSH Terate yang tergabung dalam satgas Sentot Prawirodirejo dan Korlap (koordinasi lapangan) dari PSH Terate.
Selanjutnya sesuai jadwal, pelaksanaan ziarah dilanjutkan hari ini minggu (2/10/2016) mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB nanti. Peziarah yang dijadwalkan pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB adalah dari daerah Kabupaten Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulung Agung, Wonogiri dan Jogjakarta. Selanjutnya pukul 12,00 WIB sampai dengan 15.00 WIB adalah dari Kabupaten Magetan, (Jack)

Humas Polres Madiun Kota

 dsc_8856

dsc_8870

dsc_8815

dsc_8792

dsc_8780

dsc_8760

dsc_8699

dsc_8684

dsc_8672

About HUMAS KOTAMA

INFO TERUPDATE LAINNYA SILAHKAN FOLLOW IG Polres_madiun_kota

Check Also

Jelang Hari Raya Idul Adha, Polres Madiun Lakukan Pengawasan Hewan Ternak

MADIUN – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sampai saat ini belum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com