Home / Headline / Wakapolda Jatim pimpin Gelar pasukan Ops Aman Suro- 2016

Wakapolda Jatim pimpin Gelar pasukan Ops Aman Suro- 2016

Polres Madiun Kota:  kamis 29/09/2016 Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs Gatot Subroto memberikan arahan kepada anggota yang terlibat dalam Operasi Mandiri kewilayahan Aman Suro- 2016 dihalaman Polres Madiun Kota.

Operasi Aman Suro 2016 merupakan Operasi Mandiri  kewilayahan Yang diadakan oleh Polres Madiun Kota  dan Polres jajaran Di Wilayah Karesidenan Madiun. Jumlah personil yang dilibatkan Polri sebanyak : 1170, TNI : 280 personil,  Pol PP: 25 personil,  Dishub 25 orang,  Dinkes 10 orang dan  BPBD 8 personil. dalam gelar Pasukan Operasi Mandiri aman suro 2016 dihadiri oleh Forpimda Kota Madiun Danrem 081 Dhirotsahajaya  Madiun,  DanLanud Iswayudi dan Ketua Paguyuban Pencak Silat Madiun.

Kegiatan tahunan di Bulan Suro/Muharam  di Kota Madiun berbeda dengan kota lainya, Kota Madiun  merupakan kota asal para pesilat tangguh dari berbagai perguruan –  perguruan silat yang ada diwilayah madiun  dan merupakan   Pusat Perguruan Silat se Indonesia seperti SH Terate, SH Winongo dll. Sehingga  masyarakat yang mayoritas Anggota Perguruan Silat mensakralkan  bulan suro/Muharam  ini seperti  perguruan silat  SH terate  Misalnya,  anggota perguruan tersebut melaksanakan  Ziarah ke Makam leluhur mereka pada malam satu suro. Selanjutnya  selang  2 minggu Giliran perguruan silat SH Winongo melaksanakan Suran Agung. dari kegiatan dua perguruan silat tersebut  mengundang massa yang  besar  dan dan berpotensi menimbulkan kerawanan.

Untuk menjamin kamtibmas yang  aman di bulan suro/Muharam  th 2016   maka dilakukan langkah langkah pencegahan yaitu menjalin  komunikasi antar perguruan pencak silat, mengindari provokasi, hindari kata kata saling mengumpat, hindari bentrok fisik ,dan pesilat dapatnya menjadi contoh dalam berlalu lintas,   tidak membawa benda yang membahayakan, tentukan titik kumpul, hormati petugas yg melaksanakan  pengamanan, wajib berikan himbauan kpd masy bahwa pesilat ikut menjaga kamtibmas, hasil pengarahan ini agar diteruskan kpd warga perguruan lain”terang Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs Gatot Subroto dalam arahanya.(sg)

dsc_4901 img_7584 img_7675

About HUMAS KOTAMA

INFO TERUPDATE LAINNYA SILAHKAN FOLLOW IG Polres_madiun_kota

Check Also

Tingkatkan Kemampuan, Personil Polres Madiun Kota Gelar Latihan Menembak

MADIUN, polresmadiunkota.id Guna meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api (senpi), jajaran Polres Madiun Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com