Home / Headline / PETILASAN MAKAM TAMAN

PETILASAN MAKAM TAMAN

Situs sejarah berdirinya Madiun salah satunya juga berada di Makam Taman. Makam yang terletak di jalan Asahan Kota Madiun tepat di samping Masjid kuno ini terlihat sangat bersih dan sejuk dipandang, karena masuk dalam cagar budanya situs ini sangat dijaga sekali keaslianya.

Setibanya  Bapak Walikota Madiun Bambang Irianto, SH, Kapolres Madiun Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si , Beserta Forpimda Kota Madiun di makam Taman,  setelah itu acara ziarah makam Taman dimulai dengan dibacakanya sejarah singkat Makam kelurahan Taman, makam ini adalah merupakan makam dari para leluhur seperti :

  1. Raden Ronggo Prawirodirejo I atau Raden Ronggo  Prawiro Sentiko . beliau menjabat sebagai bupati Wedono Manca Negara Timur/brang Wetan Gunng lawu pada tahun 1755-1784.Beliau wafat daikabupaten Kranggan pada hari respati kasih tanggal 30 Feb 1784.
  2. Raden Ronggo Prawirodirejo II. menjabat sebagai bupati Madiun mengganti ayahnya pada tahun 1784-1797 beliau adalah kakek dari Raden Ronggo Prawiro Diningrat dan Raden Bagoes Sentot  Prawirodirdjo panglima perang pangeran Diponegoro.
  3. Pangeran Dipo Kusumo,menjabat Bupati madiun tahun 1810-1820 untuk mengisi kekosongan karena pangeran Ronggo Prawirodiningrat pada saat ayahnya yaituronggo Prawiryo III wafat ketika berjuang melawan penjajah belanda,beliau masih belum dewasa.
  4. Ronggo Prawirodiningrat, setelah dewasa beliau menggantikan pangeran Dipokusumo dan menjabat bupati madiun tahun 1822-1861.
  5. Raden Ronggo Ariyo Notoningrat ( Kanjeng Bagus ), menjabat bupati madiun tahun 1861-1869. pada masa kekuasaanya, madiun sepenuhnya ada ditangan kolonial belanda.
  6. Raden Mas Mas Tumenggung Adipati Sosronegoro, menjabat bupati madiun tahun 1869-1879.
  7. Raden Mas Tumenggung Sosrodiningrat, menjabat bupati madiun tahun 1879-1885.
  8. Raden Aryo Adipati Brotoningrat, menjabat bupati madiun tahun 1885-1900.
  9. Raden Tumenggung Koesnodiningrat, menjabat bupati madiun tahun 1900-1929 pada saat pemerintahannya mulai timbul gerakn-gerakan kebangsaan. Beliau besar sekali bantuannya kepada pergerakan syarikat islam dan pada masa itu mulai didirikan pemerintahan kota praja madiun oleh gubermen pada tanggal 20 juni 1918.
  10. Raden Mas Adipati Koesmin, menjabat bupati madiun tahun 1929-1937.
  11. Raden Ronggo Koesnindar ( pudak sinumpet ), menjabat bupati madiun tahun 1937-1953. Beliau mempunyai Banyak andil dalam perjuangan kemerdekaan.

Ziarah makam suatu tradisi yang ada di masyarakat adalah sunnah, ini setidaknya mengingatkan kepada kita semua bahwa kita semua akan kembali padaNya.

Humas Polres madiun Kota

by: 5g/fn

DSC_0402

About HUMAS KOTAMA

INFO TERUPDATE LAINNYA SILAHKAN FOLLOW IG Polres_madiun_kota

Check Also

Tingkatkan Kemampuan, Personil Polres Madiun Kota Gelar Latihan Menembak

MADIUN, polresmadiunkota.id Guna meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api (senpi), jajaran Polres Madiun Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com