Headlines

Kapolres Madiun Kota menghadiri Acara Khotmil Qur’an – Tumpengan Harlah 94 NU dan Boyongan Kantor PCNU Kota Madiun

Polresmadiunkota.com – Polsek Taman : Kapolres Madiun kota AKBP Sonny Mahar B.A., S.H., S.I.K. menghadiri Acara Khotmil Qur’an, Tumpengan Harlah 94 NU dan Boyongan kantor PCNU kota Madiun di Jl Tuntang 21, Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Sabtu (15/4/2017).

Perayaan Hari Lahir (Harlah) Nahdhatul Ulama (NU) untuk Pengurus Cabang (PCNU) Kota Madiun, tahun ini bertepatan pada hari Sabtu, tanggal 15 April 2017 atau 18 Rajab 1438 H,  dirangkai sekaligus dengan kegiatan Khotmil Qur’an, Tumpengan Harlah 94 NU dan Boyongan (menempati) kantor PCNU yang baru di Jl. Tuntang 21 Madiun. Tema perayaan kali ini adalah ” BERSAMA NU, KITA JAGA NKRI”.

Tampak hadir pada kesempatan itu; Ketua PCNU Kota Madiun KH. Agus Mushofa Izzudin; Kapolres Madiun Kota AKBP Sonny Mahar Budi Adityawan SH.SIK.; Pemerintah Kota Madiun diwakilkan Staf Ahli Achmad Supriyadi; Wakil Kepala Kemenag Kota Madiun; Kasat Binmas Polres Madiun Kota; Kapolsek Taman; Camat Taman; Danramil Taman; Ketua Lembaga Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZIS-NU) Kota Madiun Drs. Sujianto; Pengurus PCNU; Pengasuh Ponpes berbasis NU Se Kota Madiun; Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC NU) Se Kota Madiun; Ketua Dewan Syuro PKB Kota Madiun; Gerakan Pemuda GP Ansor Kota Madiun; Muslimat NU;  Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM-NU) Kota Madiun.

Hadir pula Perwakilan Pengusaha Pembangunan Peduli Bangsa (Kelompok Tionghoa) dan Jama’ah NU serta warga lingkungan Jl. Tuntang Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman Kota Madiun.

Dalam sambutannya Ketua PCNU Kota Madiun KH. Agus Mushofa Izzudin, M.Pdi menjelaskan bahwa Nahdhatul Ulama (Kebangkitan Ulama) awal didirikan di Surabaya pada tanggal 16 Rajab 1344 H bertepatan dengan tanggal 31 Januari 1926 M, dipimpin oleh Rais Akbar K.H. Hasjim Asy’ari yang telah menegaskan prinsip dasar organisasi yang dijadikan sebagai dasar dan rujukan warga NU dalam berpikir dan bertindak dalam bidang sosial, keagamaan dan politik.
Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah waljama’ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dari perjalanan sejarah telah kita ketahui bagaimana NU telah mengkolaborasikan budaya yang berkembang dalam kehidupan masyarakat dengan Agama Islam dengan cara-cara yang unik dan tidak bertentangan dengan Syariat Islam sehingga terbentuklah budaya Islami ditengah masyarakat. NU adalah pewaris para ulama yang juga pewaris Rosullulloh SAW. Dan kegiatan malam hari ini murni untuk mendoakan Bangsa dan Negara Indonesia menjadi Baldatun Thoyibatun Wa Robbun Ghofur.” terangnya.

Rangkain selanjutnya adalah Istighosah Kubro “Mengetuk Pintu Langit Menggapai Nurullah” yang dipimpin KH. Fuad Hariri
dan dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh KH. SAMSUL MA’ARIF.

Ada kejadian diluar kebiasaan ketika puncak acara, Ketua PCNU yang didaulat untuk melakukan Pengguntingan Pita, sebagai tanda peresmian kantor PCNU yang baru, ternyata beliau tidak melakukannya. Beliau malah menghampiri Kapolres Madiun Kota dan meraih tangan kanan Kapolres, kemudian menyatukan dengan tangan kanan Beliau untuk memegang sebuah Gunting. Beliau mengajak Kapolres untuk bersama-sama menggunting Pita yang disiapkan Panitia sebagai tanda telah resmi menempati kantor baru PCNU di jl. Tuntang Madiun.

Kejadian itu sontak membuat para Jama’ah dan semua Undangan yang hadir beranjak dari tempat duduknya dan berdiri memberikan aplous yang meriah.

” Saya terharu, kejadian yang luar biasa telah terjadi, menyatukan kedua tangan seperti yang dilakukan itu memberikan isyaroh (pertanda) bagi kita bahwa menyatunya Ulama dan Umaroh (Pemimpin Agama dan Pemimpin Pemerintahan/institusi) telah terjalin di Kota Madiun ini. Dan hal ini sangat penting untuk langkah kedepan terutama menyikapi perkembangan akhir-akhir demi menjamin keamanan dan ketenteraman masyarakat dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Kata seorang Kyai Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah di Kota Madiun. (US)

tag Sunday, April 16th, 2017 author category Headline, Informasi, Kapolres News, Kegiatan, Seputar Madiun comments