Home / Headline / Kapolres Gelar Konfrensi Pers Kasus Penipuan dengan Modus Bukti Tranfer Fiktif

Kapolres Gelar Konfrensi Pers Kasus Penipuan dengan Modus Bukti Tranfer Fiktif

polresmadiunkota.id.Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan,.SIK,.MH didampingi Wakapolres dan Kapolsek Manguharjo melaksanakan konferensi pers kasus penipuan via on line dengan kerugian capai 42 juta rupiah.

Kegiatan konferensi pers dilaksanakan di halaman lobi Polres Madiun Kota dan dihadiri dari media on line,tv mapun media cetak.Kamis (2/9/2021).

Dalam konferensi pers tersebut kapolres mengatakan pelaku penipuan dengan korban seorang penjual grosir kebutuhan sehari-hari merupakan narapidana (napi) yang mendekam di Lapas Pemuda Kelas II A Madiun.

Mendapat laporan kemudian unit reskrim Polsek manguharjo melaksanakan penyelidikan dan penelusuran secara terus menerus dan diketahui ternyata pelaku berada di dalam Lapas Pemuda Kelas II A Madiun.

Ditambahkanya, penipuan dengan modus mengedit bukti transferan dengan sistem online melalui sarana handphone ini dilakukan dua pelaku pada pertengahan bulan Juni lalu.

Dua orang tersangka yang sebelumnya tersandung kasus narkoba dan menjadi napi di Lapas Pemuda Kelas II A Madiun ini, diketahui bernama D.E (41) warga Madiun dan DEW (34) warga Blitar. Keduanya menipu korban dengan memesan sejumlah barang kebutuhan sehari-hari di Toko di jalan Agus Salim Kota Madiun milik D.S yang nilainya sekitar Rp 42 juta.
 
Setelah dikonfirmasi kepada yang bersangkutan, pembayarannya ditransfer menggunakan M-banking. Namun setelah dicek, bukti transferan yang dikirim pelaku kepada korban adalah fiktif. Akhirnya oleh korban dilaporkan ke aparat kepolisian. 

“Dari hasil interogasi yang dilakukan penyidik kami, bahwa keduanya mengoperasionalkan kejahatannya dari dalam Lapas,” jelasnya.
Setelah dilakukan pemeriksaan pelaku mengakui perbuatannya.

Sedangkan handphone yang digunakan untuk menipu korban, saat ini sudah berhasil diamankan dan menjadi barang bukti.
 
Atas kejadian itu pihaknya akan intensif berkoordinasi dengan pihak Lapas untuk rutin melakukan operasi. Pun sampai saat ini kepolisian juga masih menyelidiki modus pelaku mendapatkan handphone untuk melakukan tindak kejahatan dari dalam Lapas.

Selain itu kita juga terus mengejar penadah dari barang-barang yang sudah dipesan pelaku ini,” tandasnya.

About HUMAS KOTAMA

INFO TERUPDATE LAINNYA SILAHKAN FOLLOW IG Polres_madiun_kota

Check Also

KEBAKTIAN RUTIN MINGGU DI GEREJA WILAYAH HUKUM POLSEK KARTOHARJO

polresmadiunkota.id Pada hari Minggu tanggal 17 Oktober 2021 pkl 07.00 wib s.d selesai bertempat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com