Home / Headline / Kapolres Apresiasi Keberhasilan Bhabinkamtibmas Desa Kanung Sebagai Ketua Kelompok Ternak Kambing, Warga Merasa Sangat Terbantu

Kapolres Apresiasi Keberhasilan Bhabinkamtibmas Desa Kanung Sebagai Ketua Kelompok Ternak Kambing, Warga Merasa Sangat Terbantu

MADIUN : polresmadiunkota.id Sebagai bentuk upaya Bhabinkamtibmas dalam mendukung ketahanan pangan nasional baik di sektor pertanian maupun peternakan, Aipda Dian Sulistianto, SH., Bhabinkamtibmas Desa Kanung Kecamatan Jiwan jajaran Polres Madiun Kota yang sudah berjalan 5 tahun ini menjadi ketua kelompok hewan ternak Harapan.

Menurut keterangan Aipda Dian,
“Awal mulanya para warga Desa Kanung, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun mayoritas peternak kambing tradisional, dan pada waktu itu belum ada pengetahuan tentang kelompok hewan ternak, kemudian di tahun 2015 Aipda Dian menyampaikan niatnya kepada warga untuk membentuk kelompok ternak, kemudian terbentuklah kelompok ternak Harapan yang saat ini beranggotakan 11 orang.

Kelompok Hewan Ternak Harapan dengan Surat Keputusan Bupati Madiun Nomor : 188.45/525/KPTS/402.013/2019
Tentang Lembaga Petani Di Kabupaten Madiun dan Lampiran Keputusan Menteri Hukum dan Ham RI Nomor : ANU-0014480 AH.01.07 TAHUN 2019
Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Kelompok Ternak Harapan, Tgl.15 Desember 2015.

Berlanjut di bulan Mei 2018 kelompok yang digawangi oleh Aipda Dian mendapat bantuan ternak kambing 20 ekor dari Dinas Peternakan Kabupaten Madiun dan dalam waktu 1 tahun menjadi 63 ekor, kemudian periode Agustus 2021 mendapatkan bantuan lagi uang tunai Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta ) dan dibelikan kambing pejantan sebanyak 11 ekor, dan sampai saat ini ternak kambingnya berjumlah 74 ekor jenis Kambing PE (Peranakan Etawah),disamping itu juga kelompok hewan ternak tersebut juga menyisihkan sebagian keuntungan untuk Kas kelompok dan sudah terkumpul sejumlah Rp.6.300.000,- (enam juta tiga ratus ribu).

Adapun keuntungan menjadi peserta kelompok ternak tersebut setiap 3 bulan ada monitoring dari Dinas Peternakan untuk pengecekan perkembangan dan kesehatan kambing.

Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.I.K., MH. dalam kunjungannya menyampaikan “menjadi anggota Bhabinkamtibmas harus bisa melakukan pendampingan pada setiap desa binaannya. Dengan menggali potensi yang ada dan mendorong masyarakat untuk berwirausaha agar bisa meningkatkan taraf ekonomi bagi warga binaannya.

Di kesempatan itu juga Kapolres juga memberikan bantuan berupa uang tunai untuk kelompok ternak yang diserahkan kepada Aipda Dian Sulistyanto SH.,agar dikelola dengan baik dan juga menyempatkan diri untuk berdialog langsung dengan beberapa peternak yang termasuk dalam anggota binaan Ketua Kelompok Peternakan Aipda Dian Sulistyanto.

“Kapolres hanya meninjau 3 lokasi ternak dari 11 beberapa lokasi ternak kambing yang ada, meskipun kandang kandang kambing tersebut berbeda tempat tetapi kambing kambing tersebut adalah milik bersama atau milik kelompok, apabila ingin menjual juga harus ada kesepakatan bersama dari kelompok.

“Harapan saya Bhabinkamtibmas seperti Aipda Dian ini bisa dicontoh oleh Bhabinkamtibmas yang lain, kehadirannya bisa memelihara kamtibmas kondusif yang kedua bisa membantu perekonomian warga dalam hal ketahanan pangan,” Imbuhnya. (Humas).

About HUMAS KOTAMA

INFO TERUPDATE LAINNYA SILAHKAN FOLLOW IG Polres_madiun_kota

Check Also

Polres Madiun Kota Laksanakan Gelar Apel Pasukan Pamor Keris

Madiun :Kepolisian Resor Kota Madiun Kota melaksanakan Apel Gelar Pasukan “Pamor Keris” Patroli Motor Penegakkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com