Home / Headline / Kapolres AKBP Sonny Mahar Ziarah Makam Pendiri Madiun

Kapolres AKBP Sonny Mahar Ziarah Makam Pendiri Madiun

Polres Madiun Kota : Hari kedua setelah serah terima jabatan Kapolres Madiun Kota AKBP SONNY MAHAR BA, S.H., S.I.K. melaksanakan tradisi nyekar ke makam leluhur pendiri Madiun Jumat 13/01/2017 di makam Kuncen  dan Makam Taman Kota Madiun.

Mendampingi kegiatan tersebut Wakapolres Madiun Kota Kompol Sutiono, S.Pd dan seluruh pejabat utama Polres Madiun Kota dan Kapolsek Taman. Selanjutnya Berikut Secara singkat sejarah madiun berawal dari ditemukanya satu situs petilasan pamukswan mukti di Kelurahan Kuncen beliau adalah Ki Ageng Panembahan brubuk Ronggo Djoemeno yang menjabat Bupati madiun tahun 1568-1586 karena tipu daya Apus Krama dari kerajaan mataram ,beliau melakukan Mukswa Mukti (meninggal hilang dengan raganya).

Selanjutnya pemerintahan Kota Madiun diteruskan oleh putrinya Raden Ayu Retno Dumilah pada tahun 1586-1590 disamping Pamukswan Mukti di Kelurahan kuncen juga di semayamkan empat Tokoh yang besar andilnya dalam perjalanan sejarah Madiun.

1. Raden Mas Bagoes Petak sebagai Mangkunegoro I di Madiun beliau menjabat Bupati Madiun tahun 1601-1615.
2. Pangeran Adipati Kenitren Martoloyo sebagai Mangkunegoro II beliau menjabat Bupati Madiun tahun 1615-1645.
3. Kyai Irodikomo atau Pangeran Adipati Balitar sebagai Mangkunegoro III beliau menjabat Bupati Madiun tahun 1645-1677.
4. Pangeran Tumenggung Balitar Tumapel sebagai Mangkunegoro IV beliau menjabatBupati Madiun tahun 1677 – 1703.

Selesai ziarah rupanya keberadaan Kapolres beserta Pejabat Utama di makam itu ditunggu anak – anak TK yang kebetulan ada kegiatan di halaman depan masjid, kesempatan ini dimanfaatkan beliau untuk berdialog dengan mereka dan para gurunya, berjabat tangan dan memberikan pertanyaan tentang isi pancasila dan ternyata anak anak TK bisa dan jelas menjawabnya. Kapolres berharap anak anak penerus bangsa ini rajin belajar, jangan sampai berhenti sekolah dan kelak bisa membanggakan orang tua bangsa dan Negara.(5G)

IMG_9446

IMG_9452

About HUMAS KOTAMA

INFO TERUPDATE LAINNYA SILAHKAN FOLLOW IG Polres_madiun_kota

Check Also

Ungkap Peredaran Narkoba di Banyuwangi, Polisi Berhasil Menyita Sabu 1 Kilogram

BANYUWANGI : Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi mempersembahkaan kado istimewa berupa kinerja bagi masyarakat dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com