Home / Headline / Bagian SDM Polres Madiun Kota Membuka Pendaftaran Rekrutmen Proaktif Dalam Penerimaan Bintara Polri T.A. 2022

Bagian SDM Polres Madiun Kota Membuka Pendaftaran Rekrutmen Proaktif Dalam Penerimaan Bintara Polri T.A. 2022

Bagian SDM Polres Madiun Kota Membuka Pendaftaran Rekrutmen Proaktif Dalam Penerimaan Bintara Polri T.A. 2022

MADIUN (polresmadiunkota.id)– Kepolisian membuka kesempatan bagi pemuda pemudi Indonesia untuk mengikuti seleksi Bintara Polri Proaktif T.A. 2021. Dalam rekrutmen ini terdapat tiga kategori, yakni affirmative action, talent scouting, dan penghargaan.

Kabagsumda Polres Polres Madiun Kota Kompol Basuki Dwi Koranto, SH., MH. menjelaskan, persyaratan umum bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi ini sama halnya seperti seleksi pada umumnya yakni Warga Negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, pendidikan paling rendah SMU/Sederajat, usia minimal 18 tahun pada saat dilantik sebagai anggota Polri, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana (dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat), berwibawa jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Persyaratan khusus pria/wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI dan tidak terikat ikatan dinas, bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk lulusan sebelum tahun 2019 melampirkan Nilai Akhir rata-rata minimal 60,00; untuk lulusan tahun 2019 melampirkan Nilai Akhir Sekolah rata-rata 70,00; untuk lulusan tahun 2020 dan 2021 menggunakan nilai rata-rata rapor minimal 65,00, tidak boleh berasal dari pendidikan paket A, B dan C.

Dan untuk lulusan D-III dengan IPK minimal 2,75 dan Akreditasi Prodi terakreditasi dari BAN PT. serta bagi yang masih duduk di kelas 3 melapirkan nilai rata-rata rapor semester I minimal 70,00 dan setelah lulus melampirkan ijasah.

“Yang membedakan adalah tiga kategori yang disyaratkan, affirmative action, talent scouting, dan penghargaan.” Jelas Kompol Basuki.

Kategori affirmative action adalah tindakan penguatan merupakan kebijakan yang diberikan secara khusus kepada kelompok atau golongan tertentu secara proporsional bagi putra-putri dari berbagai daerah di Indonesia. Daerah yang meliputi wilayah suku pedalaman terpencil seperti di hutan, gunung, perairan pesisir, dan pulau-pulau kecil terluar atau perbatasan.

Sedangkan talent scouting adalah pencarian bakat melalui proses pencarian dan pemanduan calon anggota Polri yang memiliki bakat khusus, minat, dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri dari prestasi akademik dan prestasi non-akademik.

Prestasi akademik meliputi juara olimpiade sains tingkat kabupaten, provinsi atau nasional. Prestasi non-akademik diantaranya juara bidang olahraga tingkat provinsi, nasional dan internasional yang diselenggarakan Kemenpora (PON, SEA GAMES, ASEAN GAMES) dan diselenggarakan Kemendikbud (Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN), POPNAS, ASEAN SCHOLL GAMES.
Berikutnya Juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi, nasional atau internasional yang diselenggarakan DEPAG. Juga bagi hafiz Quran minimal 10 juz serta memiliki tafsir Quran dan atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional.

Prestasi non-akademik berlaku paling lama 3 tahun sebelum pendaftaran, dengan kriteria perlombaan/pertandingan prestasi non-akademik adalah bidang olah raga (Pencak silat, Judo, Karate, Gulat, Tinju, Kempo, taekwondo), menembak, renang, tenis meja, tenis lapangan, bola volley, sepak bola.

Masih kata Kompol Basuki Dwi Koranto, SH., MH., sedangkan kategori penghargaan diberikan kepada anak kandung anggota Polri yang gugur, tewas, atau cacat tingkat III dalam melaksanakan tugas yang dibuktikan dengan keputusan Kapolri dan memiliki tanda kehormatan paling rendah Bintang Bhayangkara Nararya Prestasi, penghargaan Kapolri paling sedikit 3 Pin Emas serta penghargaan dari Presiden Republik Indonesia.

Kemudian juga anak kandung dari anggota masyarakat yang gugur dalam membantu pelaksanaan tugas kepolisian, dibuktikan dengan surat keterangan Kapolda yang menjabat saat kejadian dan berperan aktif dalam penyelenggaraan pembinaan Kamtibmas serta penanganan permasalahan menonjol yang menjadi atensi masyarakat dan pemerintah.

“Pendaftaran dibuka mulai 10 s.d. 19 November 2021. Bagi yang berminat dan memenuhi syarat silahkan datang langsung ke Bagsumda Polres Madiun Kota Jalan Kompol Sunaryo No. 17 Kota Madiun untuk didaftarkan sebagai peserta rekrutmen proaktif melalui website www. Rekpro.penerimaan.polri.go.id oleh operator Panda.” Ujarnya.

Dalam prosesnya, rekrutmen Bintara Proaktif ini menggunakan prinsip BETAH (bersih, transparan, akuntabel, humanis). Dengan rekrutmen Bintara Pro aktif ini pihaknya berharap dapat mewujudkan postur anggota Polri yang Presisi.

About HUMAS KOTAMA

INFO TERUPDATE LAINNYA SILAHKAN FOLLOW IG Polres_madiun_kota

Check Also

Polres Madiun Kota Bentuk Herd Immunity Melalui Vaksinasi Serentak

polresmadiunkota.id.Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka D,.SIK MH menghadiri sekaligus meninjau program vaksinasi serentak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com